Selasa, 20 April 2010

TIPS MEMILIH SETANG MTB

Persendian tangan cepat lelah, atau otot-otot lengan terasa kaku setelah bersepeda? Bisa jadi, hal itu terjadi akibat pemilihan tipe dan posisi setang yang kurang sesuai. Sebetulnya cara menentukan pilihan setang ideal adalah bukanlah perkara sulit. Coba simak baik-baik tips dibawah ini. Langakah pertama yang harus dilakukan adalah mengukur lebar pundak anda. Lebar pundak atau bahu merupakan satu-satunya ukuran yang bisa dipakai untuk menentukan lebar setang. Makanya sebelum memilih setang lebar pundak harus di ukur lebih dahulu. Lebar bahu biasanya berada dalam rentang 38 dan 44 cm. Bila lebar bahu anda 42 cm, maka pilihlah setang dengan ukuran tersebut. Cara mengukur setang adalah dengan menempatkan ukuran pada sisi terluar kesisi terluar satunya lagi. Lebar dan posisi setang yang cocok akan meningkatkan efisiensi pernafasan saat mengayuh. Satu catatan khusus, saat menghadapi tanjakan, kita memerlukan setang yang lebih ciut. Jadi, setang yang baik juga harus memungkinkan kita memegang bagian dalamnya dengan nyaman. Untuk setang model rata ( flat bar ), memilih setang yang panjang dan kemudian memotongnya sesuai dengan kebutuhan tubuh adalah langkah yang paling mudah. Untuk mengubah posisi cengkraman tangan, ada baiknya juga jika kita menggunakan bar end. Bar end terasa sekali fungsinya saat rute yang dilalui menanjak, sebab otomatis cengkraman tangan akan berubah menjadi gerak mengangkat dan menarik bobot tubuh condong ke arah depan. Jika anda menggunakan setang tipe rise bar ( yang melengkung ke atas ), tak ada salah jika anda menggunakan setang yang lebarnya sedikit lebih lebar dibanding lebar bahu anda. Rise bar memberikan kenyamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan flat bar. Tapi harus di ingat bahwa setang rise bar ini lebih cocok digunakan untuk medan dengan teknikal tinggi, namun kurang cocok untuk mengayuh kencang. Lantara itu, rise bar hanya layak dipakai untuk sepeda dalam kota, touring ke medan offroad, serta sepeda-sepeda yang akan dipakai untuk kompetisi dengan rintangan teknik tinggi seperti downhill ataupun free ride.

11 komentar:

mixedfresh on 21 April 2010 pukul 13.52 mengatakan...

iya sih, kalau pas naek sepeda gitu memang suka pegel gara gara setangnya ga pas, boleh juga tipsnya

Anonim mengatakan...

Splendidly done is better than extravagantly said.

Anonim mengatakan...

Well done is richer reconsider than comfortably said.

Anonim mengatakan...

Well done is better than well said.

Anonim mengatakan...

A human beings who dares to waste everyone hour of one of these days has not discovered the value of life.

[url=http://vampiresaz.webs.com/apps/profile/profilePage?id=54280822]Gilda[/url]


Gilda

Anonim mengatakan...

We should be painstaking and particular in all the intelligence we give. We should be signally painstaking in giving opinion that we would not about of following ourselves. Most of all, we ought to refrain from giving advisor which we don't imitate when it damages those who depreciate us at our word.

wood chisel

[url=http://wood-chisel-96.webs.com/apps/blog/]wood chisel[/url]

Anonim mengatakan...

A gink begins cutting his wisdom teeth the first often he bites eccentric more than he can chew.

Anonim mengatakan...

To be a adroit charitable being is to procure a philanthropic of openness to the mankind, an gift to guardianship aleatory things beyond your own manage, that can govern you to be shattered in very exceptionally circumstances on which you were not to blame. That says something very outstanding thither the prerequisite of the righteous life: that it is based on a trustworthiness in the unpredictable and on a willingness to be exposed; it's based on being more like a spy than like a prize, something somewhat tenuous, but whose very particular handsomeness is inseparable from that fragility.

gambutku on 31 Agustus 2010 pukul 20.25 mengatakan...

mantap infonya fren, saya sudah lama sekali gak pakai sepeda.:D
bisa tukeran link lg fren??

serba sepeda on 21 Desember 2019 pukul 15.57 mengatakan...

Terima kasih atas informasi yang diberikan, untuk mengetahui jenis dan harga sepeda MTB bisa akses ke toko sepeda Sepeda Gunung dapat kan Gratis ongkir dan service selama nya disini.

serpeda gunung on 30 Desember 2019 pukul 09.30 mengatakan...

Terima kasih atas info yang diberikan, kami menunggu informasi dan edukasi mengenai sepeda MTB

 
mtb-senggreng.blogspot.com

MTB Senggreng Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template