Jumat, 01 Januari 2010

KLASIFIKASI SEPEDA GUNUNG BERDASARKAN FUNGSI

Setidaknya ada 5 jenis sepeda gunung berdasarkan fungsinya, yaitu:

a. Cross country (XC)
Dirancang untuk lintas alam ringan hingga sedang. Didesain agar efisien dan optimal pada saat mengayuh dan menanjak di jalan aspal hingga jalan tanah pedesaan.

b. All mountain (AM)
Dirancang untuk lintas alam berat seperti naik turun bukit, masuk hutan, melintasi medan berbatu, dan menjelajah medan offroad jarak jauh. Keunggulan all mountain ada pada ketahanan dan kenyamanannya untuk dikendarai. Hampir semua sepeda AM bertipe full-suspension.

c. Freeride (FR)
Dirancang untuk mampu bertahan menghadapi drop off (lompatan) tinggi dan kondisi ekstrim sejenisnya. Bodinya kuat namun tidak secepat dan selincah all mountain karena bobotnya yang lebih berat. Kurang cocok untuk dipakai jarak jauh.

d. Downhill (DH)
Dirancang agar dapat melaju cepat, aman dan nyaman dalam menuruni bukit dan gunung. Mampu menikung dengan stabil pada kecepatan tinggi dan selalu dilengkapi suspensi belakang untuk meredam benturan yang sering terjadi. Sepeda DH tidak mengutamakan kenyaman mengayuh karena hanya dipakai untuk turun gunung. Sepeda downhill juga lebih mengacu pada lomba, sehingga selain kekuatan, yang menjadi titik tekan dalam perancangannya adalah bagaimana agar dapat melaju dengan cepat. Untuk menuju ke lokasi, para downhiller tidak mengayuh sepeda mereka namun diangkut dengan mobil. Tidak efisien dipergunakan di dalam kota maupun di jalur cross country.

e. Dirtjump (DJ)
Nama lainnya adalah urban MTB. Penggemar jenis ini awalnya adalah anak muda perkotaan yang menggunakan sepeda gunung selain sebagai alat transportasi, ngebut di jalanan kota, juga digunakan untuk melakukan atraksi lompatan tinggi dan ekstrim. Fungsinya mirip BMX namun dengan bentuk yang diperbesar.

5 komentar:

Mizan on 3 Januari 2010 16.55 mengatakan...

hmmm... trims tips ny bos...! bener2 brmanfaat nih.. tp sayang sy jarang naik speda.. ^^

Gambutku on 4 Januari 2010 16.53 mengatakan...

perlu 1 diantara 5 tadi patut untuk dikoleksi.:D

ndophir NCC on 13 Januari 2010 15.08 mengatakan...

waduh bnr br kl ini aq dpt info selgkp ini, klu ada doku nanti aq beli satu, atau klu mtb-senggreng punya spd yg dijual aq mo bl. infonya punya folker yg mo dilego?

archv3nture on 3 Februari 2010 13.58 mengatakan...

terus dikayuh pedal sepedanya kesayanganya teman...ttp semangat...

tiket pesawat murah on 3 Maret 2011 16.25 mengatakan...

mantap nich infonya,
menambah wawasan kita dalam memilih sepeda entar, makasih gan

 
mtb-senggreng.blogspot.com

MTB Senggreng Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template